Cara Meluruskan Leher

Leher yang bengkok biasanya akan terasa nyeri dan tidak nyaman. Banyak orang mengalami hal tersebut, terutama mereka yang bekerja sambil duduk di depan komputer setiap hari. Atasi secepatnya jika leher terasa nyeri dan tegang, misalnya dengan melakukan peregangan leher slot deposit 10 ribu gampang menang, mengubah pola hidup, atau mengikuti terapi.

Melakukan Peregangan Leher

Lakukan pemasanan otot leher. Sebelum melakukan peregangan, lakukan latihan pemanasan agar otot leher tidak kaku dan nyeri. Gerakkan kepala perlahan-lahan membentuk setengah lingkaran ke kiri dan ke kanan. Mulailah meregangkan otot leher dengan memiringkan kepala ke kanan. Turunkan ke depan lalu miringkan ke kiri tanpa mengangkat kepala.

  • Lanjutkan dengan menggerakkan kepala ke kanan perlahan-lahan. Lakukan latihan ini berulang-ulang.
  • Jangan meregangkan otot leher secara berlebihan. Bergeraklah dengan lembut perlahan-lahan.

Lakukan peregangan leher ke depan dan ke belakang. Gerakan untuk meluruskan leher yang disebut fleksi leher dilakukan dengan menundukkan dan mendongakkan kepala. Dekatkan dagu ke dada lalu bertahanlah selama 15 detik. Angkat kepala ke posisi semula lalu ulangi gerakan yang sama 10 kali. Kemudian, dongakkan kepala lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 10 kali.

  • Bergeraklah dengan lembut perlahan-lahan.
  • Saat mendongakkan kepala, bergeraklah selambat mungkin dan berhentilah saat kepala terasa tertahan. Jangan terus mendongakkan kepala ke belakang.

Lakukan peregangan leher ke samping. Gerakan yang disebut fleksi lateral leher dilakukan dengan menengok ke kiri dan ke kanan. Mulailah berlatih dengan menegakkan kepala agar dagu sejajar dengan lantai. Putarlah kepala ke kanan lalu bertahanlah selama 15 detik. Rilekskan leher lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini 10 kali.

  • Setelah menengok ke kanan, lakukan gerakan yang sama dengan menengok ke kiri.
  • Jangan terus bergerak jika kepala terasa tertahan meskipun dagu belum berada di atas bahu.

Gunakan tangan untuk meregangkan leher. Berdirilah atau duduklah dengan punggung tegak. Menengkoklah ke kanan lalu lihatlah langit-langit sambil mendongakkan kepala. Lihatlah ke depan lalu miringkan kepala ke kanan. Gunakan tangan kanan untuk menarik kepala ke bahu kanan perlahan-lahan. Bertahanlah selama 30 detik.

  • Lakukan gerakan yang sama dengan menengok ke kiri.
  • Jangan memiringkan atau mendongkakkan kepala terlalu jauh. Lakukan peregangan sesuai kemampuan.

Dekatkan tulang belikat. Rilekskan bahu sambil meluruskan kedua lengan di sisi tubuh. Dekatkan tulang belikat lalu bertahanlah selama 5 detik. Lepaskan lalu ulangi gerakan yang sama 10 kali.

  • Lakukan gerakan ini 3 set masing-masing 10 kali setiap hari.
  • Tingkatkan intensitas peregangan dengan bertahan dari five detik menjadi 10 detik.

You might like

© 2024 - WordPress Theme by WPEnjoy